Thursday, 9 May 2013

BAGIAN - BAGIAN DARI MICROSOFT WORD

1. Title Bar/ Baris Judul
merupakan bagian yang menampilkan nama lengkap dengan logo dari Microsoft Word, XP 2003.
2. Menu Bar/ Baris Menu
Menu bar / baris menu adalah menu yang menampilkan menu pulldown/ turun. Menu bar berisi File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Window, Help.
3. Toolbar Standar
Berisi :
• icon new document, untuk membuat dokumen baru
• icon open document, untuk membuka dokumen yang pernah dibuat
• icon save document, menyimpan dokumen
• icon print document, memberikan perintah cetak secara langsung
4. Toolbar Formatting
Berisi icon-icon yang digunakan untuk memberi perintah dengan cepat khususnya perintah yang sering digunakan antara lain bentuk/ model tulisan, besar huruf, bentuk cetakan font style (bold, italic, underline).
5. Bidang Ketikan
Lembar kerja yang dapat ditulis melalui keyboard
6. View
Mengubah tampilan layar : normal, web layout, print layout, dan outline
7. Toolbar Drawing
Berfungsi membuat gambar sesuai dengan keinginan user mengikuti simbol-simbol yang ada pada layar monitor
8. Baris Status
Memberikan informasi status posisi layar sesuai dengan posisi halaman dan jumlah halaman maksimal (cusrsor di halamn berapa, baris, dan kolom berapa)
9. Control Menu
Berisi:
• Minimize, mengecilkan jendela pada lembar kerja sehingga berbentuk icon di task bar
• Maximize, memperbesar jendela lembar kerja menjadi satu layar penuh
• Restrore, mngembalikan jendela ke posisi semula
• Close/ alt F4, menutup jendela lembar kerja aktif dan untuk mengakhiri program Ms-word
10. Scrollbar
Tampil pada monitor sebelah kanan atau kiri ditandai dengan bentuk garis yang dapat digulung, scroll bar vertical dapat menggulung lembar kerja ke atas/ bawah dengan cepat.

  1. Apa pengertian dari Microsoft Word?
Microsoft Word merupakan salah satu paket program dari Microsoft Office yangdigunakan untuk mengolah kata.
  1. Bagaimana cara memulai Microsoft Word?
Untuk memulai Microsoft Word dapat melalui lima cara :
  • klik ganda icon program word pada desktop
  • klik shortcut menu word
  • klik office program bar pada menu start.
  • klik nama dokumen/file word bila pernah mengetik dokumen dengan word
  • dengan windows explorer atau start menu find, cari file Microsoft Word atauWinword (tipe file : application atau shortcut) kemudian klik ganda
  1. Bagaimana cara untuk membuat file baru ?
Untuk membuat file baru, Anda dapat memilih menu File –New atau tekan shortcut Ctrl+N
  1. Bagaimana cara untuk menyimpan file?
  2. Untuk menyimpan file setelah selesai dibuat dengan cara memilih menu File –Save atau tekan shortcut Ctrl+S. Setelah memilih menu tersebutbilamana anda belum pernah menyimpan file anda sebelumnnya maka akan pada layarakan muncul tampilan kotak Save as :
Masukkan nama file pada kolom File Name dan kemudian tekan Enter atau pilih tombol Save
  1. Jelaskan cara mengaktifkan / Me –non-aktifkan Toolbar dan ruler di Ms. Word?
Toolbar yang akan diaktifkan atau di-non-aktifkan dapat dipilih pada menu View-Toolbar  atau Tools – Customize – tab Toolbars kemudian memilih katagori perintah di kotak daftarkategori. Atau cara lain adalah:
  • • Menu Tools – Customize – tab Commands 
  • • Pilih kategori pada kolom sebelah kiri
  • • Seret pilihan perintah yang akan dibuat icon pada lokasi yang diinginkan
.Mengembalikan toolbar ke keadaan semula dengan memilih menu View – Toolbars. Pilih toolbar yang akan dikembalikan ke keadaan semula kemudian klik tombol reset. Untuk mengaktifkan atau me-non-aktifkan ruler, dapat Anda pilih menu View-Ruler 
  1. Sebutkan 2 jenis catatan kaki yang digunakan Ms. Word ?
Footnote   :   dituliskan pada halaman yang bersangkutan
Endnote    :   dituliskan pada akhir dokumen/halaman terakhir

  1. Apa kegunaan Border dan Shading dan bagaimana caranya di Ms. Word  ?
Dengan border dimungkinkan untuk membuat garis-garis dengan berbagai style pada sebuah paragraph, sedangkan dengan menggunakan shading paragraph dapat diberikan warna latar belakang sesuai dengan keinginan. 
Pembuatan Border dan Shading adalah :
  • Tempatkan kursor pada paragraph yang akan diberikan border atau shading
  • Click pada menu Format dan click pada menu Border and Shading
  • Selanjutnya pilihlah format border atau shading yang diinginkan.
  1. Jelaskan caranya menyisipkan character symbol?
character khusus yang tidak terdapat pada keyboard seperti a b m p q d dan lain-lain dapat disisipkan dengan cara :
  • Click menu Insert, lalu click pada menu Symbol
  • Pada dialog symbol pilih character yang ingin disisipkan
  • Bila character yang dimaksud tidak nampak pada layar, anda dapat memilih font lainnya yang mengandung character yang dimaksud
  • Click tombol Insert dan click tombol Close

  1. Bagaimana caranya mengetik dengan menggunakan column?
semua halaman diformat dengan kolom yang sama
  • Click menu Format, click menu Column
  • Pilih bentuk kolom yang diinginkan
  • Click tombol OK
*) Bila tidak semua halaman diformat dengan kolom yang sama
  • Tempatkan kursor pada awal paragraph yang akan dibuatkan kolom
  • Pada posisi tersebut buatlah section continues
Lalu click menu Format, dan click menu Column
  • Pilih bentuk kolom yang diinginkan
  • Click tombol OK
  • Pada akhir paragraph buat lagi section continues
  • Atau pilih paragraph yang hendak dibentuk kolom, kemudian pilih bentuk yang diinginkan. Pada menu Apply to : pilih Selected texs untuk bentuk kolom hanya pada teks yang dipilih, dan Selected Sections untuk keseluruhan halaman.
  1. Sebutkan bentuk-bentuk column di Ms. Word ?
Bentuk-bentuk kolom yang disediakan :
  • One : naskah hanya terdiri atas satu kolom
  • Two : naskah dibentuk menjadi dua kolom simetris
  • Three : naskah dibentuk menjadi tiga kolom simetris
  • Left : naskah dibentuk menjadi dua kolom asimetris kiri
  • Right : naskah dibentuk menjadi dua kolom asimetris kanan
  1. Terangkan langkah-langkah untuk mencetak file dokumen?
Untuk mencetak file dokumen yang telah dibuat dapat dilakukan langkah berikut :
v    Pastikan dokumen yang akan dicetak telah terbuka pada Work Area
v    Click menu File kemudian click menu Print
v    Tentukan jenis printer, halaman yang akan dicetak, banyaknya pencetakkan
  • All : mencetak semua halaman
  • Current Page : Mencetak hanya satu halaman yang sedang tampil
  • Range : Menentukan beberapa halaman yang dicetak
v    Click tombol OK
  1. Sebutkan format paragraph dalam Ms. Word ?
Format pada paragraph meliputi :
*) Indentation : Indentasi Paragraph
Left      :    Batas kiri paragraph menjorok ke dalam 
Right    :    Batas kanan paragraph lebih masuk ke dalam
First Line  :       Baris pertama sebuah paragraph menjorok ke dalam
Hanging   :       Baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam
 *) Spacing : Batas antar Paragraph
Line Spacing : Spasi/jarak antar baris dalam sebuah paragraph (single/1 spasi, Double / 1½ spasi, 2 spasi)
Before  :       Jarak antara baris pertama paragraph dengan baris terakhir dari paragraph sebelumnya.
After             :       Jarak antara baris terakhir paragraph dengan baris pertama dari paragraph berikutnya/dibawahnya.
*) Alignment : Perataan paragraph
Left      :     Paragraph diatur rata kiri
Right    :     Paragraph diatur rata kanan
Center :     Paragraph diatur rata ditengah (sentris)
Justified     :     Paragraph diatur rata kiri dan kanan
  1. Bagaimana cara membuat format paragraph?
Untuk membuat format pada paragraph adalah :
  • Letakkan kursor pada paragraph yang aan diformat.
  • Bila paragraph yang akan diformat terdiri dari beberapa paragraph maka harus dilakukan blok pada paragraph-paragraph yang dimaksud
  • Click menu Format, lalu click Paragraph, selanjutnya akan ditampilkan dialog
  • Aturlah format yang diinginkan atau sesuai kebutuhan
  • Click tombol OK bila sudah selesai

2 comments: