Thursday 9 May 2013

Fungsi Dasar Formula Pada Microsoft Excel : SUM, Average, MAX, MIN, dan COUNT

Sebelumnya saya sudah memposting bagaimana menggunakan fungsi IF dan Vlookup dan Hlookup pada MS Excel. Sekarang saya akan membagi sedikit ilmu tentang fungsi dasar pada MS Excel. Oke langsung saja.

Microsoft Excel termasuk dalam aplikasi spreadsheet atau program pengolah angka, Microsoft Excel berfungsi Untuk mempermudah pekerjaan dalam penghitungan data dan lembar kerja Microsoft Excel  berbentuk kolom dan baris.

Untuk mengolah angka dalam Microsoft Excel harus menggunakan Rumus atau Formula, agar mendapatkan hasil dari input yang diberikan. Formula pada Microsoft Excel juga berfungsi untuk mengubah hasil data secara otomatis jika ada input data yang diubah.
Rumus atau Formula dasar Microsoft Excel yang wajib diketahui bagi seorang pemula dalam menggunakan Microsoft Excel yaitu semisal Fungsi SUM, Average, Max, Min Count. Berikut ini beberapa fungsi dasar Microsoft Excel yang umum digunakan dalam formula excel untuk membantu proses penghitungan data pada aktifitas sehari-hari dalam menggunakan Microsoft Excel :
  1. Aritmatika : Fungsi sangat dasar dalam Microsoft Excel yaitu aritmatika seperti tambah(+), kurang(-), kali(*), bagi(/), Contoh ;  = B1*B5
  2. Fungsi SUM : Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan nilai yang ada pada range tertentu, Contoh ; =SUM(B1:B5)
  3. Fungsi AVERAGE : Fungsi Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range, Contoh ; =AVERAGE(B1:B5)
  4. Fungsi MAX : Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range, Contoh ; =MAX(B1:B5)
  5. Fungsi MIN : Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range, Contoh ; =MIN(B1:B5)
  6. Fungsi COUNT : Fungsi COUNT digunakan untuk mencari banyaknya data dari suatu range, Contoh ; =COUNT(B1:B5)
Fungsi Formula atau Rumus pada Microsoft Excel mempermudah pekerjaan dalam hal penghitungan data,  jika dilakukan dengan manual maka hasil yang didapatkan tidak terlalu akurat, Penggunaan Formula pada Microsoft Excel sangat disarankan agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan lebih pasti.

0 komentar:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Post a Comment