Thursday 3 March 2016

karya ilmiah peluang bisnis online shop

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS
"ONLINE SHOP"




NAMA : RAMADHAN FAJARIYANTO W.

NIM :  15.12.8789
KELAS : 15-S1-SI-07

I. Abstrak
          Setiap hari teknologi semakin berkembang. Salah satu teknologi yang cepat berkemban ada  ada batasnya  ada batasnyag adalah teknologi informasi dan komunikasi Dari berkembangnya inilah dunia seperti tid ak ada batasnya. Pada abad ke - 21 Diseluruh dunia termasuk di indonesia sendiri sudah Mulai banyak pengguna komunikasi elektronik, dan rata-rata mereka semua memiliki jaringan sosial setidaknya satu. Contohnya saja pada internet yaitu facebook. Dimana sesworang bisa menjelajah keseluruh dunia dengan hanya di depan komputer. Teknologi Internet inilah yang merupakan sumber utama terhubungnya antara kota satu dengan kota lain nya, pulau satu dengan yang lain nya , bahkan negara satu dengan negara lain nya.

Dengan adanya Internet maka timbul transaksi antar negara secara online. Salah satu perangkat yang digunakan untuk saling bertransaksi ialah SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya. Seperti contoh dikampus saya yaitu STMIK AMIKOM YOGYAKARTA kampus yang notabenya adalah kampus teknologi ini hampir seluruh mahasiswanya memiliki smartphone, tak kurang dari 12.000 mahasiswa adalah pengguna smartphone. Dan Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yang telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Hal inilah yang melatarbelakangi Peluang Bisnis yang saya tulis, yaitu Peluang Bisnis secara online atau sering disebut dengan online shop.

II. Isi


Pengertian peluang bisnis
          Peluang Usaha pada dasarnya bisa Anda artikan sebagai sebuah ukuran untuk mengetahui prospek suatu usaha. Dengan kata lain Pengertian Peluang Usaha adalah kemungkinan sukses / gagalnya dari sebuah usaha di masa yang akan datang. Atau, kita juga bisa menyebut peluang usaha ini sebagai sebuah prediksi usaha, namun bukan prediksi kualitatif melainkan prediksi kuantitatif yang didasarkan atas data kuantitatif atau faktor-faktor yang ada di masa lalu dan masa sekarang.
          Dalam Usaha sudah pasti kita tidak akan asing dengan istilah Untung dan Rugi. Jadi apapun jenis usaha yang Anda pilih, tentu semuanya memiliki resiko, namun dengan kadar yang berbeda, artinya ada usaha yang memiliki resiko rendah dan ada pula usaha yang memiliki resiko tinggi. Dari perspektif atau kacamata para pebisnis, hal ini biasa disebut sebagai Peluang Usaha.

Peluang bisnis online

           Salah satu peluang usaha/bisnis yang marak terjadi dipasar internet adalah berjualan secara online atau yang lebih sering di kenal dengan “Online Shop”. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari berjualan barang maupun menawarkan jasa melalui toko online, hingga membantu penawaran produk sebagai reseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.



Cara meningkatkan trafik pengunjung toko online

           Berikut ini ada beberapa cara  untuk bisa meningkatkan trafik pengunjung pada bisnis toko online yaitu:

1. Gunakan Media Sosial

Zaman sekarang toko online yang tidak dilengkapi dengan akun media sosial sepertinya sudah sangat jarang. Keberadaaan media sosial yang sangat membahana tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dan yang lainnya tentu akan sangat membantu untuk meningkatkan trafik toko online yang Anda miliki.

Dengan mencantumkan tautan link di media sosial yang mengarah pada website toko online Anda, jelas status atau tweet yang ditulis memainkan peran yang besar. Maka dari itu buat semenarik mungkin status atau tweet yang akan Anda bagi agar para pengguna sosial media mau mengklik tautan yang ada.

Fungsi lain jika toko online Anda memiliki media sosial adalah Anda bisa menjalin retensi (hubungan baik) dengan para pelanggan Anda. Akun media sosial pada masa sekarang juga akan menjadikan bisnis Anda terlihat serius, nyata, kompeten, lebih professional dan dapat dipercaya.

2. Daftarkan Produk Pada Katalog Toko Online

Dengan mendaftarkan produk Anda pada Direktori toko online, pengunjung akan berdatangan sehingga trafik website Anda juga akan meningkat. Selain meningkatkan trafik, Direktori toko online juga mampu menambah page rank website Anda. Salah satu direktori yang bisa anda jadikan referensi adalah Directory.Google.com.

3. Mendaftar Pada Mailing List

Milist atau Mailing List adalah grup email yang menghubungkan banyak orang sebagai sarana interaksi dan komunikasi. Untuk lebih meningkatkan trafik, selain mendaftarkan pada direktori, Anda juga bisa mendaftarkan toko online Anda pada Milist. Milist akan Anda peroleh pada hampir semua jenis email yang ada karena ini adalah sebuah layanan.

4. Sering Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau website orang lain dengan berinteraksi didalamnya seperti berkomentar dan memfollow blog atau website tersebut. Apa tujuanya? Jelas blogwalking adalah sarana untuk memperkenalkan atau mempopulerkan website toko online Anda.

Dengan semakin seringnya Anda melakukan blogwalking, maka website toko online Anda akan semakin cepat dikenal orang dan semakin banyak pula orang yang akan berkunjung balik pada website toko online Anda hingga akhirnya trafik pun menjadi meningkat.

Artikel terkait: Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

5. Aktif Di Forum Online

Jika ingin serius membangun sebuah toko online, sebaiknya Anda juga bergabung dengan beberapa forum terkenal seperti Kaskus, Indowebster, Detik forum, Kafe gaul, Bersosial, atau forum lainnya. Selain sebagai ajang memperkenalkan website toko online Anda, sebuah forum juga bisa memberikan backlink pada website toko online Anda jika Anda mampu mencuri perhatian forum.

Sebagai tambahan, jika Anda mendapatkan backlink dari situs forum maka trafik website Anda kemungkinan besar akan cepat meningkat. Usahakan pula ikuti forum yang benar-benar berkaitan dengan tema toko online anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lancar dalam kegiatan diskusi dan komunikasi.

6. Gunakan Strategi SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode mengoptimalkan atau memaksimalkan posisi website di mesin pencari dengan serangkaian proses dengan tujuan agar trafik website yang ditarget bisa meningkat. Dari banyak kasus, tehnik SEO yang benar akan sangat efektif membuat sebuah website mendapatkan trafik potensial yang berasal dari mesin pencari, terutama Google.

Jika website toko online Anda bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari, pengunjung yang mengetikkan keyword tertentu akan segera melihat link website toko online Anda dan meng-klik website toko online Anda. Ini berarti peluang mendapatkan pengunjung yang banyak dari search engine akan semakin besar dan kemungkinan terjadinya transaksi juga akan semakin besar.

Kelebihan Bisnis Online

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Seperti yang sudah saya singgung diatas, menjalankan bisnis online itu enak, karena kita bisa bekerja dimanapun dan kapanpun, jadi mau kerja di kamar, di halaman rumah atau di rumah teman Anda sekalipun bisa, dengan catatan ada perangkat dan koneksi yang tetap membantu Anda terhubung dengan internet.

2. Kebebasan Dalam Berpakaian

Kebebesan berpakaian inilah yang mungkin tidak akan pernah bisa dirasakan pekerja kantoran pada umumnya. Jadi bersyukurlah bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai pebisnis online karena Anda bebas memilih 'seragam kerja' dengan model apapun, termasuk hanya memakai kaos oblong dan celana kolor sekalipun.

3. Tidak Terikat Lembaga

Tidak ada lembaga khusus yang menaungi bisnis online. Anda bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis ke model bisnis online yang lain. Kebebasan inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih dari 1 pekerjaan di internet.

4. Biaya Yang Murah

Untuk menjalankan bisnis online biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka bisnis di dunia nyata, contoh sederhananya adalah harga sewa toko online yang tentunya berada di bawah harga sewa tempat / membeli ruko.

5. Transaksi Yang Cepat

Perkembangan teknologi memaksa siapapun untuk bergerak lebih cepat jika tidak ingin tertinggal, begitu pula dalam hal bisnis, kecepatan dalam proses pelayanan menjadi hal yang wajib dimiliki para pebisnis. Kabar baiknya internet membuat segala sesuatunya mejadi lebih mudah dan cepat.

6. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga

Bisnis online bisa dibilang sebagai pekerjaan yang santai dan tidak terlalu banyak menguras tenaga, jadi untuk Anda yang saat ini berpuasa, saya rasa tidak akan terganggu dengan aktifitas bisnis online ini, karena kenyataanya kita hanya duduk seharian di depan laptop / komputer.

7. Tercipta Peluang Bisnis Online Baru

Hampir setiap hari atau bahkan mungkin setiap jam muncul situs penghasil uang di internet yang menawarkan kerjasama dalam hal bisnis online, rata-rata peluang bisnis online yang mereka tawarkan berjenis PPC (pay per click) seperti Bisnis Google AdSense, Bisnis Affiliate Marketing atau model bisnis online PTC (pay to click), dimana kerja kita hanya tinggal klik iklan yang disediakan oleh situs tersebut.

8. Segala Hal Bisa Diuangkan

Mulai dari status facebook sampai cuitan di twtter juga bisa kita uangkan atau bahasa kerennya monetize. Dengan catatan Anda sudah memiliki banyak follower dan mendapatkan advertiser yang tepat. Media blog pun juga tak luput dari kata monetize, ibarat menyelam sambil minum air, menjalankan hobi ngeblog sambil cari uang, selengkapnya silahkan pelajari Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

Kekurangan Bisnis Online

1. Marak Penipuan Online

Tingginya jumlah para pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online, hal tersebut dimanfaatkan para penipu untuk 'menyebar jaring' guna mendapatkan mangsanya dengan iming-iming cara cepat kaya atau sejenisnya, untuk itu jangan mudah percaya dengan model bisnis online yang menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan mudah, karena rata-rata akan berakhir pada penipuan.

2. Jarang Tersentuh Hukum

Meskipun ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain juga karena si korban enggan untuk melapor ke polisi.

3. Penyebaran Internet Belum Merata

Tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar pulau seperti NTB atau Papua, di Jawa saja, khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa lokasi yang tak terjamah oleh jaringan internet. Problem lain terkait internet yaitu mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak terjangkau oleh kalangan mengah kebawah.

4. Keuntungan Yang Tidak Instan

Inilah yang seringkali dikeluhkan para pebisnis online pemula atau mereka yang baru terjun ke dalam bisnis online, mereka measa tidak mendapatkan untung dari bisnis online yang dijalankan, padahal kenyataanya untung dari bisnis online memang tidaklah instan. Contoh nyatanya adalah Tokopedia dimana perusahaan tersebut sudah berdiri selama 5 tahun namun tidak mendapatkan keuntungan, barulah di penghujung tahun mereka meluncurkan program Membership Gold dan dari situlah Tokopedia mulai merauk keuntungan. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menjalankan bisnis online di bidang Advertising Blog.


Kesimpulan bahwasannya berbisnis online itu sangatlah mudah dan mengasyikkan, akan tetapi didalam bisnis ini persaingannya sangatlah banyak. Dan memiliki suatu keuntungan dan kerugiannya tersendiri. 







III. Referensi

http://berguruseo.blogspot.com/2014/12/memahami-pengertian-peluang-usaha.html
http://www.seoterpadu.com/2015/06/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-online.html
https://www.maxmanroe.com/7-cara-meningkatkan-trafik-pengunjung-toko-online.html



0 komentar:

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Post a Comment